Sejarah Motor Norton
Sejarah Motor Norton
James Lansdowne Norton lahir di
Birmingham pada tahun 1869, seorang anak pembuat lemari. Sebagai anak laki-laki
ia menunjukkan bakat pertama pada pembuatan perangkat mekanik dan
setelah menyelesaikan pendidikan magang nya di pabrik perdagangan
perkakas perhiasan.
James_Lansdowne-Norton
James_Lansdowne-Norton
Pada tahun 1898 ia memulai
membangun Norton Manufacturing Co untuk membuat rantai dan barang-barang
lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama diproduksi pada tahun 1902,sepeda
dengan bermesin Clement Belgia dibawah tabung depan. Motor Norton dengan mesin
Peugeot memenangkan Balap TT pertamakali pada tahun 1907,
ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang harus mengatasi beberapa kendala dan
perubahan busi. Pada tahun 1909 ada delapan model yang ditawarkan untuk dijual,
dua dengan mesin merk lain, enam dengan mesin Norton. Harrods adalah Agen
pertama di London.
Norton adalah seorang insinyur yang
handal dengan perjuangan nya yang gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak
semudah yang dibayangkan, pada tahun 1913 norton berada diambang kebangkrutan
ketika RT Shelley & Co, kreditur modal utama masuk. Norton Motors Ltd
kemudian dibentuk. Bertempat di Brooklands didirikan pusat dan riset
pengujian kecepatan. RT Shelley & Co dalam hukum adalah ace tuner Dan
O’Donovan mesin baru dikirim bersama untuk dilakukan pengujian oleh dia, dalam
Rolling chassis dikenal sebagai ‘Old Miracle’, pemegang banyak rekor kecepatan
dan sampai sekarang masih disimpan di museum. Mesin yang diuji tidak untuk
dijual sampai diperoleh performa yang tepat. Motor Norton mendapatkan
kontrak dengan pemerintah pada waktu Perang dunia 1 untuk memasok mesin untuk
tentara Rusia pada tahun 1916, dan pabrik norton di pindah ke tempat yang
lebih besar di Bracebridge Street, Aston. Yang terkenal Norton logo
dibuat sekitar waktu ini.
Pada awal 1913, Norton telah
merancang mesin dengan katup udara dengan operasi desmodromic, tapi tidak
sampai 1922 motor norton menghasilkan mesin OHV pertamanya, Model 18
sebagai salah satu motor norton single tercepat . Pada 1923 Maudes Trophy
diperoleh untuk pertama kalinya ketika motor Norton Model 18 memecahkan
rekor dunia delapan belas di Brooklands, ditunggangi oleh sebuah tim yang
terdiri dari O’Donovan, Bert-tiba dan Nigel pada musim semi. Piala itu terus
dipertahankan selama tiga tahun setelah prestasi serupa kecepatan dan daya
tahan.
Dengan 1.924 nama model yang akrab
lainnya seperti 16H dan Model 19 telah diperkenalkan, yang terakhir versi 588cc
Model 18. Mereka juga memiliki OHV prototipe 250cc akan tetapi tidak pernah
diproduksi karena tidak memenuhi kriteria pasar pada waktu itu. Alec Bennett
memenangkan Balap TT Senior dengan OHV Norton, rata-rata lebih 60mph untuk
pertama kalinya.
James Norton meninggal pada 1925
pada usia 56, meskipun penampilan kebapakan di foto dengan rambut perak dengan
kacamata berbingkai kawat memberi kesan jauh lebih tua. Dia dihormati di
seluruh industri karena kemampuannya rekayasa dan integritas. Sesaat sebelum
kematiannya ia telah mengambil liburan panjang di Afrika Selatan atas saran
dari dokter dan dari kondisi jalan ia melihat ada ekspor atau model ‘kolonial’
diberi ground clearance yang lebih tinggi bersama dengan berbagai modifikasi
yang sesuai lainnya.
Sementara itu, di trek balap
Eropa,Motor Norton yang membangun Kekuatan industri mereka yang
harus diperhitungkan, memenangkan banyak balapan. Motor Norton
memperkenalkan tangki bensin jenis pelana pada mesin balap mereka.type ini
menunggu satu atau dua tahun baru diluncurkan, tetapi pada 1926 di London
memperkenalkan,Mesin dengan empat gearbox kecepatan dan rem memperluas
internal yang berada perlengkapan standar pada beberapa model bersama dengan
pelumasan otomatis drive primer rantai. Perusahaan ini secara finansial
direkonstruksi sepanjang tahun dan nama berubah menjadi Norton Motors (1926)
Ltd Seorang Irlandia muda bernama Stanley Woods memenangkan balap TT 1926
Senior dengan Motor Norton, tetapi untuk tujuan balap mesin pushrod sudah mulai
di tinggalkan dan digantikan oleh teknologi baru.
The Walter Moore merancang mesin
overhead camshaft mempertahankan Norton dimensi klasik 79 dengan 100mm tapi
kesamaan berakhir di sana. Drive dari crankshaft diambil melalui serangkaian
bevels, situ oleh poros vertikal tertutup untuk cambox melalui set bevel lain.
Cambox itu melesat ke kepala silinder dan katup dikembalikan oleh coil
springs.Frame baru juga diperkenalkan, tipe cradle dengan atas tunggal dan
depan ke bawah tabung. Pipa knalpot di sebelah kiri mesin, praktek Norton
pada saat itu. Pada tahun 1928 frame baru juga digunakan untuk rumah mesin
pushrod dengan model ES2. Ada beberapa spekulasi dalam beberapa tahun
terakhir seperti apa ES berdiri.
Walter Moore meninggalkan Norton
pada tahun 1929 yang pindah ke Produsen NSU di Jerman. Dia secara pribadi
memiliki desain mesin OHC sehingga tidak mengherankan ketika NSU mulai
memproduksi mesin yang sangat mirip beberapa waktu setelahnya. Motor Norton
tidak senang dengan hal ini, setelah merekrut Arthur Carroll untuk
mendesain ulang mesin OHC. Motor Norton menghasilkan apa yang menjadi salah
satu mesin balap paling dominan sepanjang masa dengan karir berkilauan yang
berlangsung selama dua puluh lima tahun ke depan walaupun sesekali ada
perlawanan oleh Velocette, Guzzi, Gilera dan BMW.
Norton-Old-Miracle
Tidak ada komentar:
Posting Komentar